jc cell

Senin, 19 Maret 2012

Simpan Halaman Web lebih Sempurna dengan ScrapBook


Saat kuliah dulu saya sering mencari referensi untuk tugas-tugas kuliah melalui internet, dan ngetem di warnet menjadi hal yang sering dilakukan. Salah satu hal yang sering saya lakukan untuk menghemat waktu di warnet adalah search di google, kemudian setiap web page terkait, saya baca sekilas kemudian saya simpan sebagai satu halaman web penuh. Setelah itu saya baca dirumah, maklum kalau harus baca diwarnet pasti semakin lama argonya, dan otomatis biayanya jadi mahal. Satu hal yang kurang dari fitur Save As Complete Web Page, baik di Mozilla Firefox, Internet Explorer, atau Chrome adalah halaman tersebut tidak sempurna saat dibuka. Hal ini terjadi karena banyak gambar-gambar yang ter-link tidak ikut serta tersimpan sehingga mengakibatkan halaman web tersebut menjadi berantakan saat dibuka.

Buat anda yang mengalami masalah yang sama, maka saya anjurkan menggunakan add on bernama Scrapbook. Scrapbook ini adalah add on browser yang mampu menyimpan halaman web utuh dengan tetap mempertahankan isinya sama persis dengan halaman saat kita lihat online.

Instalasi Scrapbook

Browser yang biasa saya pakai untuk scrapbook adalah Firefox. Untuk instalasinya coba ikuti langkah-langkah berikut :

Langkah 1 – Pilih menu Tools -> Add On

Langkah 2 – Ketik “Scrapbook” pada textbox pencarian add on

Langkah 3 – Pilih Scrapbook Plus, kemudian klik tombol Install, biasanya akan muncul Allow or Deny, pilih Allow, setelah itu proses intalasi akan dilakukan.

Instalasi ScrapBook

Instalasi ScrapBook

Langkah 4 – Setelah Scrapbook diinstall, restart firefox. Kemudian menu Scrapbook akan muncul pada menu di firefox.

Menyimpan Halaman Web

Untuk menyimpan halaman web ada 4 pilihan yang ada yaitu :

Save Page (Ctrl + Shift + L), menu ini berfungsi untuk menyimpan langsung halaman web anda, tanpa perlu meminta nama dan lokasi folder untuk file halaman yang disimpan tersebut.

Save Page As.. (Ctrl + Shift + K), menu ini berfungsi untuk menyimpan halaman web agar lebih sesuai keinginan anda. Anda bisa menentukan lokasi folder, file-file yang ingin disertakan saat disimpan, serta kategori untuk halaman web yang disimpan tersebut. Fitur ini bagus agar file yang anda simpan lebih terorganisir.

Save Page As di ScrapBook

Save Page As di ScrapBook

Save Bookmark… (Ctrl + Shift + J), menu ini berfungsi untuk menyimpan halaman web sebagai bookmark, alias hanya link-nya saja yang disimpan. Karena hanya link-nya saja yang disimpan otomatis untuk membukanya secara offline tidak bisa, anda harus online atau terhubung ke internet untuk membuka halaman web tersebut.

Save As Bookmark

Save As Bookmark

Save All Tabs…, menu ini berfungsi untuk menyimpan semua halaman web dari tab-tab yang sedang terbuka pada firefox anda. Saat hendak menyimpan maka anda akan ditanyai dimana lokasi file tersebut mau disimpan. Untuk lebih terorganisir saya sarankan agar fitur ini dipakai bila tab-tab anda memiliki kategori yang sama. Misalnya anda sedang mencari materi tentang Web Design Layout, maka pastikan semua tab yang terbuka adalah tentang hal tersebut.

Save As Bookmark

Save As Bookmark

Mengatur Setting ScrapBook

Biar bisa lebih bekerja dengan optimal, anda bisa mengatur scrapbook agar lebih sesuai dengan keinginan anda. Caranya ikuti langkah-langkah berikut :

Langkah 1 – Pilih menu Tools -> Add-ons atau tekan shortcut Ctrl + Shift + A.

Langkah 2 – Masuk ke tab Get Add On, kemudian pilih Scrapbook, kemudian klik Options..

Ubah Setting di ScrapBook

Ubah Setting di ScrapBook

Langkah 3 – Selanjutnya akan muncul jendela sebagai berikut :

Setting di ScrapBook

Anda bisa mengatur beberapa hal disini antara lain :

- Hendak ditampilkan di mana menu ScrapBook ini, apakah di dalam menu Tools, di Status bar, di Menu Bar.

- Lokasi folder penyimpanan

- Format Highlighter,

Membuka Halaman yang telah disimpan dengan / tanpa ScrapBook

Untuk membuka halaman yang disimpan anda bisa langsung mengklik menu yang ada pada scrapbook, disitu terdapat nama-nama halaman web yang pernah anda simpan. Namun anda juga bisa melihat dan membuka langsung file tersebut tanpa melalui ScrapBook. Caranya ikuti langkah-langkah berikut :

Langkah 1 – Buka Windows Explorer, klik icon My Computer atau tekan tombol Windows + E, atau ketik Explorer pada run.

Langkah 2 – Cari folder penyimpanan ScrapBook, secara default file-file anda akan disimpan di

C:\Documents and Settings\nama user anda\Application Data\Mozilla\Firefox\Profiles\ \ttm0vwz1.default\ScrapBook\data

Folder ScrapBook

Folder ScrapBook

Langkah 3 – folder data berisi folder-folder yang telah disimpan namun dalam nama yang tidak user-friendly. Untuk mengecek isinya, masuk ke dalam folder tersebut, kemudian cari file yang extensinya *.html atau *.htm, biasanya index.html.

Selain itu, folder tersebut dapat anda copy untuk diback-up. Ok selamat mencoba, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat buat kita semua.

0 komentar:

Posting Komentar