jc cell

Minggu, 18 Maret 2012

Tutorial Penggunaan Rumus VLOOKUP di Excel

Tutorial Penggunaan Rumus VLOOKUP di Excel


Halo sobat ruangsoftware kali ini saya ingin berbagi tutorial bagaimana cara menggunakan rumus VLOOKUP di Excel. VLOOKUP merupakan kependekan dari Vertical LookUp, formula ini merupakan salah satu formula yang paling sering dipakai oleh orang dalam excel. Dengan formula ini kita bisa mendapatkan informasi detail dari sebuah tabel yang diwakilkan oleh sebuah kode lookup atau kode yang dicari.

Untuk mempermudah, kita akan membuat tabel yang berisi database siswa dan juga tabel yang berisi daftar ranking siswa.

Langkah 1 : Mari kita buat satu sheet bernama Master Siswa, kemudian kita buat 4 kolom yaitu Kode Siswa, Nama Siswa, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin.

Membuat Tabel Master

Langkah 2 : Biar lebih mudah diingat, kita namakan tabel di atas Master_Siswa, caranya masuk ke menu Insert ->Name -> Define, kemudian kita namakan Master_Siswa.

Memberi nama tabel master

Langkah 3 : Kita buat satu sheet bernama Ranking

Sheet untuk Ranking

Langkah 4 : Kita isikan formula di cell pada kolom nama siswa, misalnya D6. Untuk memilih formula masuk ke menu Insert -> Function, kemudian masukkan nama VLOOKUP.

Memasukkan Formula VLOOKUP

Rumusnya menjadi : =VLOOKUP(C6, Master_Siswa, 2, False)

Range_Lookup kita isikan false saja. Selanjutnya formula kita copy jangan lupa untuk menambahkan tanda dollar ($) di depan kolom, karena untuk mencegah kolom berubah apabila dicopy ke samping, sebagai berikut :

=VLOOKUP($C6, Master_Siswa, 2, False)

Hasil Akhir :

Hasil akhir dari VLOOKUP

Banyak manfaat yang bisa diambil dari VLOOKUP.

Ok selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar